Selasa, 02 Februari 2016

PERSAMAAN REAKSI

1.      Pengertian
Reaksi kimia mengubah zat-zat asal (pereaksi atau reaktan) menjadi zat-zat baru (produk). Perubahan yang terjadi dapat dipaparkan dengan menggunakan rumus kimia zat-zat yang terlibat dalam reaksi. Cara pemaparan ini kita sebut persamaan reaksi. Tanda panah menunjukkan arah reaksi, dan dapat dibaca sebagai “membentuk” atau “beraksi menjadi” . bilangan di depan rumus kimia masing-masing zat dalam persamaan reaksi disebut koefisien reaksi. Koefisien satu (1) tidak perlu ditulis. Huruf kecil dalam kurung yang mengikuti rumus kimia masing-masing zat menyatakan wujud atau keadaan zat yang bersangkutan, yaitu :

Ø  S = padatan ( solid )
Ø  l = cairan ( liquid )
Ø  g = gas
Ø  aq = larutan berair ( aqueous, larutan dengan dalam air )

2.      Penyetaraan Persamaan Reaksi
Penyetaraan persamaan reaksi dimaksud untuk menyamakan jenis dan jumlah atom di ruas kiri dengan di ruas kanan. Banyak reaksi yang dapat disetarakan dengan cara menebak, akan tetapi sebagai permulaan, ikutilah langkah berikut ini.
1)  Tetapkan koefisien salah satu zat, biasanya zat yang rumus kimianya paling kompleks, sama dengan 1, sedangkan zat lain diberikan koefisien sementara dengan huruf
2)  Setarakan terlebih dahulu unsur yang terkait langsung dengan zat yang diberi koefisien 1 itu.

3)  Setarakan unsur lainnya. Biasanya akan membantu jika atom O disetarakan paling akhir.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: