Senin, 01 Februari 2016

SIFAT-SIFAT PERIODIK UNSUR

      1. Jari-jari atom
Adalah jarak dari inti hingga kulit elektron terluar. Jari-jari atom perlu kita pahami karena berkaitan dengan daya tarik inti terhadap elektron, yang akan menentukan nilai energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
Kecenerungan jari-jari atom dalam sistem periodik, yaitu sebagai berikut :
a)      Dari atas ke bawah dalam satu golongan, jari-jari atom makin besar
b)      Dari kiri ke kanan dalam satu periode, jari-jari atom makin kecil.
      2. Energi Ionisasi
Suatu atom dapat melepas elektron sehingga menjadi ion positif. Pelepasan elektron memerlukan energi, yaitu untuk mengatasi gaya tarik intinya. Besarnya energi yang diperlukan untuk melepas satu elektron dari suatu atom netral dalam wujud gas disebut energi ionisasi.
a)      Dalam satu golongan, dari atas ke bawah energi ionisasi semakin kecil
b)      Dalam satu periode, dari kiri ke kanan energi ionisasi cenderung semakin besar
      3. Afinitas Elektron
Selain dalam kehilangan elektron, suatu atom dapat pula menyerap ( menerima tambahan ) elektron sehingga membentuk ion negatif. Energi yang menyertai penambahan 1 elektron pada satu atom netral dalam wujud gas membentuk ion bermuatan -1 disebut afinitas elektron. Afinitas elektron juga dinyatakan dalam kJ/ mol.
a)      Dalam satu golongan, dari atas ke bawah afinitas elektron cenderung berkurang
b)      Dalam satu periode, dari kiri ke kanan afinitas elektron cenderung bertambah.
c)      Kecuali unsur alkali tanah dan gas mulia, semua unsur golongan utama mempunyai afinitas elektron bertanda negatif. Afinitas elektron terbesar dimiliki oleh golongan halogen.
      4. Keelektronegatifan
Keelektronegatifan juga berkaitan dengan kecenderungan unsur menarik elektron, tetapi tidak dikaitkan dengan pembentukan ion positif atau ion negatif. Keelektronegatifan adalah suatu bilangannyang menggambarkan kecenderungan relatif suatu unsur menarik elektron ke pihaknya dalam suatu ikatan kimia.
a)      Dari atas ke bawah dalam satu golongan keelektronegatifan berkurang
b)      Dari kiri ke kanan dalam satu periode keelektronegatifan bertambah.
      5. Sifat Logam dan nonlogama
a)  Dari kiri ke kanan dalam satu periode, sifat logam berkurang, sedangkan sifat nonlogam bertambah
b)  Dari atas ke bawah dalam satu golongan, sifat logam bertambah, sedangkan sifat nonlogam berkurang.
Yang paling bersifat nonlogam adalah golonngan VII A bukan golongan VIII A. unsur yang terletak pada bagian tengah, yaitu unsur yang terletak sekitar daerah perbatasan antara logam non logam, mempunyai sifat logam sekaligus sifat nonlogam. Unsur itu disebut unsur metalloid.
      6. Kereaktifan
Kereaktifan suatu unsur bergantung pada kecenderungannya melepas atau menarik elektron. Jadi, unsur logam yang paling reaktif adalah golongan I A sedangkan nonlogam yang paling reaktif adalah golongan VII A. dari kiri ke kanan dalam satu periode, mula-mula kereaktifan menurun kemudian bertambah hingga golongan  VII A. Golongan VIII A tidak reaktif.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: