Senin, 01 Februari 2016

LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dibedakan atas elektrolit dan non-elektrolit. Elektrolit dapat menghantar listrik, sedangkan non-elektrolit tidak. Hantaran listrik melalui larutan dapat diuji dengan suatu alat yang disebut electrolyte tester. Adanya hantaran listrik ditandai oleh menyalanya lampu pijar pada rangkaian  itu dan adanya suatu perubahan ( misalnya, timbul gelembung ) pada salah satu atau kedua elektrodenya.
Teori ion Stante Arrhenius
Seorang ahli oleh Stante August Arrhenius ( 1859 – 1927 ), ahli kimia dari swedia, yaitu pada tahun 1887. Menurut Arrhenius, larutan elektrolit dapat menghantar listrik karena mengandung ion-ion yang dapat bergerak bebas. Ion-ion itulah yang menghantar arus listrik melalui larutan. Zat-zat ini NaCl, HCl, NaOH dan CH3COOH tergolong elektrolit. Adapun zat non-elektrolit dalam larutan tidak terurai menjadi ion, tetapi tetap berupa molekul. 

Elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen polar
1. Senyawa Ion
Contoh senyawa ion : NaCl dan NaOH, terdiri dari ion-ion. NaCl terdiri atas ion-ion Na+ Cl- dan NaOH terdiri dari ion Na+ dan OH-. Dalam kristal ( Padatan ), ion-ion itu tidak dapat bergerak bebasm melainkan diam pada tempatnya. Oleh karena itu, padatan senyawa ion tidak menghantarkan listrik, akan tetapi jika senyawa ion dilelehkan atau dilarutkan maka ion-ion dapat bergerak bebas sehingga lelehan dan larutan ion dapat menghantar listrik.

2. Senyawa Kovalen Polar

Senyawa kovalen terdiri dari molekul-molekul, molekul bersifat netral dan tidak dapat menghantarkan listrik, contoh kovalen polar : H2O, HCl dan CH3COOH maka molekul air bersifat polar disebut juga pelarut polar. CH4 bersifat nonpolar. Jika HCl dan CH3COOH dilarutkan dalam air, dapat mengalami ionisasi sehingga larutannya dapat mengantar listrik karena antar molekul polar tersebut terdapat suatu gaya tarik-menarik yang dapat memutuskan ikatan-ikatan tertentu dalam molekul. Akan tetapi, tidak semua molekul polar dapat  mengalami ionisasi dalam air.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: